Ketua Media Center Balaraja Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M

Posted by : detikpos June 16, 2024 Category : Uncategorized

Tangerang – Hari Raya Idul Adha merupakan momen dimana seluruh umat muslim merayakan dengan secara umum memotong hewan qurban, mengingat sejarah zaman dahulu nabi Ibrahim menyembelih anaknya yang merupakan ujian dari Allah SWT dan beliau mengikuti perintahNya karena ketaqwaan beliau. Hingga kini di abadikan oleh umat muslim dengan cara memotong hewan ternak untuk qurban.

Kisah ini bermula dari mimpi Nabi Ibrahim yang menyembelih putranya, Nabi Ismail. Setelah menyadari bahwa mimpi tersebut adalah perintah Allah Swt., Nabi Ibrahim kemudian menceritakannya kepada Nabi Isma’il.

Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata, “Hai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu.” Ia menjawab, “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar. (QS. Ash-Shaffat: 37)

Penantian Nabi Ibrahim untuk memiliki seorang putra amatlah panjang. Allah SWT. kemudian mengujinya dengan memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya. Akankan Nabi Ibrahim memenuhi perintah yang amat berat tersebut?

Meski kasih sayang Nabi Ibrahim terhadap Nabi Isma’il sangat besar, akan tetapi cintanya terhadap Allah Swt. jauh lebih besar. Nabi Ibrahim kemudian bersiap menyembelih Nabi Isma’il atas perintah Allah SWT.

Saat Nabi Ibrahim sudah bersiap untuk menyembelih Nabi Isma’il, Allah SWT. menghentikannya.

Lalu Kami panggil dia, “Wahai Ibrahim! Sungguh, engkau telah membenarkan mimpi itu.” Sungguh, demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. (QS. Ash-Shaffat: 104-105)

Allah SWT. . kemudian mengganti Nabi Isma’il yang saat itu telah berbaring untuk disembelih dengan seekor hewan.

Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. (QS. Ash-Shaffat: 107)

Berdasarkan kisah tersebut, terlihat betapa bertakwanya Nabi Ibrahim dan Nabi Isma’il kepada Allah Swt. Hal tersebut tentu menjadi inspirasi bagi umat muslim untuk melakukan hal serupa, yaitu selalu memenuhi perintah dari Allah SWT. dan menerima semua ujian dari-Nya dengan ikhlas dan lapang dada.

Di jumpai di kantor Redaksi Mandala Nusantara News Dewa Rey dan menjadi aktivis lingkungan menjabat sebagai Ketua Media Center Balaraja (MCB) menyampaikan bahwasanya Hari Raya Idul Adha ini menjadi kan umat muslim lebih merelakan qurban untuk mendapatkan amal baik.

“Kita sebagai umat muslim seyogyanya merasa gembira dengan hadirnya bulan Haji atau Hari raya Idul Adha ini, ” Ucap Dewa Rey Minggu 16 Juni 2024.

Kendati demikian Dewa Rey juga berharap kepada seluruh umat beragama agar saling menjaga toleransi sesama umat beragama.

“Kita harus saling menjaga toleransi di antar umat beragama agar tercipta kerukunan dan harmonis, ” Tandanya.

Terakhir Dewa Rey mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M.

RELATED POSTS